Program Kolaborasi Poltek Sultan & PolibatamPada 3 Desember 2014 kemarin, Presiden Mahasiswa BEM Polibatam, M. Abdul Mustofa, Pudir III Kemahasiswaan Bapak Ari Wibowo dan rombongan laiinya berangkat ke malaysia untuk mengunjungi Politeknik Sultan Mizan Zainal Abidin tepatnya Trengganu, Malaysia, Ini merupakan Tugas Dinas dari Kampus untuk penyelengaraan kerjasama luar negeri antara Malaysia dan Indonesia, yaitu antara Politeknik Mizan Zainal Abidin dengan Politeknik Negeri Batam. Untuk mencapai kota tujuan membutuhkan waktu 3 jam menggunakan kapal laut, dan dilanjutkan 8 jam melalui jalur darat.

Disana ada kerjasama dalam bentuk kemitraan untuk pendidikan dan kemahasiswaan. Dalam pendidikan ini ada kerjasama ini diwakili oleh Pak Ari, Bu yossi office centre dari pihak manajemen poltek, dan Pak Tammi mewakili pak Hendra Gunawan Pudir I yang berhalanagn hadir, dan M. Abdul Mutofa sendiri perwakilan dari mahasiswa Polibatam.

Disana Mustofa sendiri berdialog dengan mahasiswa setempat juga melakukan perbandingan kegiatan, kegiatan mulai dari bentuk pengabdian dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, program sosial maupun pendidikan,kedepannya akan mengadakan kerjasama diantara kedua negara, dalam bentuk program pendidikan, sosial, olahraga, seni, budaya, tahun depan akan dilaksanakan di Indonesia atas 2 lembaga tadi yaitu Politeknik Sultan Mizan Zainal Abidin dan Politeknik Negeri Batam.

Sedangkan perbincangan dengan pihak kampus sendiri, Pak Ari menjelaskan dan mendatangani MoU mulai dari kerjasama yaitu pertukaran pelajar, pertukaran pengajar yaitu dosen, pembinaan dan kemajuan bengkel, perbandingan lab. Tidak hanya itu, Rombongan Politeknik juga mengelilingi bandar atau kota disana tepatnya di Trengganu, Malaysia. Kegiatan ini rombongan politeknik mengucapkan terima kasih kepada pihak tuan rumah, atas keramahannya selama berkunjung ke Malaysia. Harapan kedepannya semoga kerjasama tadi dapat terealisasikan secepatnya, Amiin 

(Sumber : BEM Polibatam)